Design Innovation Project Participant Center


Apa yang ingin anda ketahui?

Apa yang anda tanyakan, kami menyediakan jawabannya di sini. Silakan cari tahu di sini. Apabila kamu tidak menemukan jawabannya, silakan ajukan melalui Pusat Bantuan. Kami akan memberikan solusi dari masalah anda.

Design Innovation Project adalah lomba ketekniksipilan yang secara khusus membahas mengenai permasalahan keairan yang terjadi di Daerah Aliran Sungai Citarum. Melalui DIP Participant Center, kami menyediakan segala hal yang anda butuhkan untuk mengikuti lomba ini.
Design Innovation project terdiri dari dua tahapan, antara lain
  1. Tahap pendaftaran dan seleksi proposal
  2. Tahap final
Ketentuan peserta yang bisa mengikuti DIP adalah :
  1. Setiap peserta merupakan mahasiswa aktif D3, D4, atau S1 suatu perguruan tinggi negeri atau swasta di seluruh Indonesia
  2. Setiap perguruan tinggi/fakultas/jurusan/program studi dapat mengajukan lebih dari 1 (satu) tim
  3. Setiap tim beranggotakan 3 (tiga) mahasiswa/i, dengan satu dosen pembimbing
  4. Dalam 1 (satu) tim diperbolehkan beranggotakan mahasiswa/i lintas jurusan, dengan minimal 1 (satu) mahasiswa/i dengan rumpun Teknik Sipil
  5. Setiap orang hanya dapat berpartisipasi dalam 1 (satu) tim

Tema yang akan dibawa pada “Design Innovation Project” adalah:

“Desain Bangunan Air Terpadu guna Menciptakan Ketahanan Air pada Daerah Aliran Sungai Citarum”

Terdapat 4 subtema yang dapat dipilih, antara lain :

  1. Water-related disaster risk
  2. Flood Risk
  3. Water Balance
  4. Water Reserves
Anda boleh meninjau lebih dari satu subtema, dengan tinjauan yang diberikan minimal adalah satu subtema.

Alur kompetisi DIP 2019 adalah sebagai berikut :

  1. Peserta mendaftarkan diri dalam DIP dengan mengikuti ketentuan dan alur pendaftaran
  2. Peserta memahami dan menganalisis kondisi DAS Citarum mengenai ketahanan air
  3. Peserta merumuskan dan menentukan suatu inovasi berupa solusi yang dapat menjaga ketahanan dan keberlangsungan sumber daya air sesuai dengan subtema yang diangkat
  4. Peserta mengecek kelengkapan data dari panitia dan mengumpulkan data-data lain yang dibutuhkan untuk melakukan proses desain yang sesuai dengan inovasi.
  5. Dalam penyusunan proposal, peserta harus mengerjakan 3 aspek pembahasan yaitu:
    1. Aspek teknis, yaitu bentuk solusi dalam upaya struktural meliputi perencanaan infrastruktur, sistem operasi dan pemeliharaan infrastruktur, serta analisis ekonomi untuk mengetahui nilai benefit/cost ratio
    2. Aspek non-teknis, yaitu bentuk solusi dalam upaya non-struktural seperti dalam bentuk sosial dan regulasi
    3. Aspek analisis kesesuaian dengan tema, yaitu peserta diminta untuk membahas dan menganalisis inovasi atau solusi yang telah direncanakan
  6. Peserta mengirimkan hasil perencanaan dan analisis tersebut dalam bentuk proposal kepada panitia
  7. Proposal akan dinilai dan diseleksi oleh dewan juri sesuai dengan kriteria penilaian, yang kemudian akan dipilih 5 tim terbaik untuk lanjut ke tahap final
  8. Pada tahap final peserta wajib membuat bahan presentasi dan video sebagai bentuk visualisasi desain sesuai inovasi yang dipaparkan dalam proposal
  9. Peserta melakukan presentasi hasil perencanaan sesuai dengan proposal di depan dewan juri, kemudian juri melakukan tanya jawab dan memberikan penilaian. Setelah itu peserta akan ikut kegiatan cerdas cermat dan expo.
  10. Pengumuman pemenang DIP
Mengenai timeline kegiatan, anda dapat mengaksesnya melalui menu timeline di DIP Participant Center.
Apabila anda ingin mendaftar pada lomba Design Innovation Project, anda dapat mengikuti alur pendaftaran berikut ini :

Pendaftaran dibuka pada 14 September 2019 – 15 Oktober 2019 dengan melakukan registrasi terlebih dahulu pada website participant.waterproject.id dengan memasukkan username, email, nama lengkap, dan nomor HP.

Login menggunakan akun yang telah dibuat sebelumnya pada menu yang tersedia dan akan langsung masuk pada menu “DIP Participant Center”

Seluruh berkas pendaftaran yang dibutuhkan untuk memenuhi syarat administrasi dapat diunduh pada menu yang tersedia di “DIP Participant Center”

Seluruh berkas teknis yang dibutuhkan untuk lomba dapat diunduh pada menu “Technical Data”

Pembayaran dapat dilakukan dengan transfer sebesar Rp200.000,00 pada 16 September 2019 – 15 Oktober 2019 pukul 20.00 via :
  1. BNI dengan nomor rekening 0567346794 a/n Mochammad Iqbal
  2. BCA dengan nomor rekening 5680429245 a/n Jonathan Raditya Valerian
  3. BRI dengan nomor rekening 471701008360536 a/n I Gede Andika Putra
  4. Mandiri dengan nomor rekening 1090015759178 a/n Muhammad Hisyam
Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai Payment Instruction ataupun Payment Status anda dapat mengunjungi menu di DIP Participant Center.

Konfirmasi pembayaran dapat dilakukan dengan mengunggah bukti transaksi pada menu “Proof of Payment”. Status pembayaran akan dikonfirmasi kemudian maksimal 1x24 jam ditandai dengan perubahan status menjadi “sudah dibayar”

Berkas pendaftaran dan berkas lomba baru dapat diunggah setelah status pembayaran berganti. Seluruh berkas dapat diunggah dalam format *.pdf yang disatukan pada format *.rar / *. Zip dengan nama DIP2019_Nama Tim sebelum 15 Oktober 2019 pukul 20.00 WIB dengan ketentuan berkas sebagai berikut :
  1. Formulir Pendaftaran
  2. Lembar Pengesahan
  3. Kartu Tanda Mahasiswa / KTM atau Surat Keterangan Aktif Mahasiswa Aktif dari program studi
  4. Foto setiap anggota tim beserta pembimbing berukuran 4x6
  5. Proposal lomba

Pengiriman berkas proposal lomba dalam bentuk hardcopy sebanyak 4 (empat) eksemplar dilakukan paling lambat hingga 15 Oktober 2019 dengan keterangan penerima sebagai berikut : Himpunan Mahasiswa Sumber Daya Air ITB (Water Project ITB)
Sekretariat Himpunan Mahasiswa Sumber Daya Air.
Basement Labtek 1B, Institut Teknologi Bandung Kampus Jatinangor
Jalan Let. Jen. Purn. Dr. (HC) Mashudi No. 1
Kode Pos 45363

Apabila terdapat kendala pada alur pendaftaran yang dilakukan, silahkan hubungi contact person di bawah ini :
  1. M. hisyam (WA : 081220271989)
  2. Djelia Fitriani (ID Line : djeliaftrn)
atau ajukan pertanyaan anda melalui Help Center di dalam DIP Participant Center.
Terdapat 2 tahap seleksi, yakni :
  1. Tahap Seleksi Proposal
  2. Tahap Final
Mengenai fasilitas, anda dapat mengaksesnya di menu Fasilitas di dalam DIP Participant Center.
Peserta yang telah mendaftarkan diri pada DIP akan mendapatkan sertifikat peserta yang dikirim melalui email. Sedangkan untuk finalis adalah sebagai berikut:
  • Juara 1: Rp 8.000.000,00 + Trophy + Sertifikat
  • Juara 2: Rp 6.000.000,00 + Trophy + Sertifikat
  • Juara 3: Rp 4.000.000,00 + Trophy + Sertifikat
  • Juara 4: Rp 500.000,00 + Trophy + Sertifikat
  • Juara 5: Rp 500.000,00 + Trophy + Sertifikat
Untuk lomba DIP beranggotakan 3 orang; dengan minimal 1 orang di tim dengan jurusan di bidang ketekniksipilan.
Lomba DIP hanya dibuka untuk jenjang mahasiswa. Bagi pelajar dapat mengikuti event kami yang lainnya, yakni seminar nasional dan expo.
Diperbolehkan selama dapat mengikuti ketentuan yang diminta di soal dan proposal.
Tidak diperbolehkan, karena syarat untuk mengikuti lomba adalah mereka yang berstatus mahasiswa aktif, seminimal-minimalnya per tanggal 23 November 2019.
Logo Water Project 2019

Anda dapat mendownload logo Water Project 2019 melalui tautan di bawah ini :

Download Logo Water Project 2019
Diperbolehkan untuk dosen pembimbing yang sama untuk lebih dari 1 tim.